Rabu, 02 Januari 2013

10 lukisan termahal di dunia

gambar berita warta ekonomi - 10 lukisan termahal di dunia Harga untuk lukisan termahal tidak hanya ditentukan oleh keindahannya. Faktor lain, seperti siapa pelukisnya, tahun pembuatannya, pemiliknya, dan bahkan latar belakang kisah yang mewarnai pembuatannya, turut memberi andil pada mahalnya sebuah karya seni lukis.


    Maestro lukisan. Demikian gelar yang disematkan kepada perupa hebat dunia seperti Vincent van Gogh, Pablo Picasso, dan Gustav Klimt,  juga kepada perupa negeri sendiri macam Raden Saleh, Affandi, dan Basuki Abdullah. Karakter lukisan mereka yang unik dan beragam makin memperkaya khazanah seni rupa dunia.

    Nama Pablo Picasso dan Affandi mendunia karena dari tangan dingin keduanyalah lahir gaya kubisme yang mengubah persepsi orang akan suatu keindahan seni. Hampir serupa dengan Picasso, hadir pula perupa hebat asal Negeri Belanda bernama Vincent van Gogh. Dari ujung kuasnya lahir goresan-goresan yang menggambarkan olah batin dan ekspresi rasa yang tidak berkutat pada objek-objek semata.

    Selanjutnya, aliran seni rupa pun terus berkembang tanpa ada sekat yang membatasinya. Selalu hadir perupa-perupa baru yang setiap saat selalu berupaya menciptakan karya-karya kreatif, dan secara agresif mampu mengomunikasikan gagasan cemerlangnya. Tidak peduli apa pun alirannya, entah itu neoklasik, romantik, realisme, ataupun aliran surealis yang banyak dipengaruhi oleh teori analisis psikologis yang sering tampil tidak logis dan penuh fantasi, seakan-akan melukis dalam mimpi.

    Lukisan adalah karya seni yang proses pembuatannya menjembatani cita rasa, “kegilaan”, dan kreativitas perupanya. Padu-padan harmoni ketiganya konon akan membawa seseorang pada kreativitas dan agresivitas, yang dalam beberapa hal akan mengusik kesadaran masyarakat pada umumnya. Kesadaran tersebut diterjemahkan dalam banyaknya kolektor memburu lukisan dengan harga yang fantastis, luar biasa mahal, sebagai investasi dan prestise.

    Dalam TEN edisi ini, Warta Ekonomi akan menampilkan 10 lukisan yang pernah dibuat oleh perupa terbaik dunia. Keindahan, nilai artistik, tahun pembuatan, hingga latar belakang kisah di balik pembuatannya menjadi daya tarik tersendiri yang menjadikan lukisan-lukisan itu layak dibanderol dengan harga yang demikian tinggi. Berikut kesepuluh lukisan tersebut.

1.     No. 5
    Inilah lukisan termahal di dunia saat ini. Adalah Jackson Pollock, perupa asal Negeri Paman Sam, sosok di balik lukisan abstrak yang didominasi warna kuning dan cokelat ini. Dibuat pada tahun 1948, lukisan ini dibanderol dengan harga US$156,8 juta atau sekitar Rp1,44 triliun, jumlah yang setara dengan anggaran pemerintah untuk proyek perluasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 2012 ini.

2.    Woman III
    Selain lukisan karya Jackson Pollock, ada lukisan beraliran abstrak lainnya yang rupanya juga memiliki nilai jual sangat tinggi. Lukisan yang dimaksud adalah Woman III, salah satu dari enam lukisan yang dibuat oleh Willem de Kooning, maestro lukisan berdarah Amerika-Belanda yang mengusung aliran abstrak ekspresionisme. Lukisan ini dibuat pada interval 1951-1953. Pertama kali dipublikasikan setengah abad yang lalu, lukisan ini sekarang berharga US$154 juta.

3.    Portrait of Adele Bloch-Bauer I
    Dari Benua Biru, tampil lukisan termahal ke-3 dunia hasil goresan seniman Austria, Gustav Klimt. Adele Bloch-Bauer I yang dijadikan objek lukisan ini tidak lain adalah istri Ferdinand Bloch-Bauer, seorang pengusaha yang mensponsori aktivitas seni rupa Gustav Klimt. Keunikan lain dari lukisan ini terletak pada material yang digoreskan di kanvas.  Bahan yang digunakan bukan hanya sekadar tinta lukis saja, tetapi di dalamnya terdapat pula campuran emas dan perak. Saat ini  Portrait of Adele Bloch-Bauer I  dipajang di Neue Galerie, New York, Amerika Serikat.

4.    Portrait of Dr. Gachet
    Inilah salah satu lukisan yang menjadi masterpiece perupa hebat asal Negeri Kincir Angin, Vincent van Gogh. Dibuat pada tahun 1890, lukisan berbanderol US$144,1 juta ini menggambarkan Dr. Paul Gachet yang bertugas sebagai dokter pribadi Vincent van Gogh dalam sisa-sisa terakhir hidupnya.

5.     Bal du moulin de la Galette
    Kota Paris, menurut sebagian orang, tak ubahnya surga yang diciptakan Tuhan bagi dunia. Lanskap alam yang indah, ditambah bahasa dengan aksennya yang khas, kian menjadikan Paris sebagai imej dan simbol keromantisan. Bonus itu disadari betul oleh Pierre Auguste Renoir. Pada tahun 1876, ia menggoreskan kuas pada kanvas untuk menggambarkan kebiasaan warga Paris pada abad ke-19 yang kerap menghabiskan waktu dengan berdansa, minum-minum, dan memakan makanan khas Perancis bernama gallete di sore hari.

6.    Garcon a la Pipe
    Garcon a la Pipe adalah lukisan beraliran kubisme yang menggambarkan gerak-gerik seorang anak muda di kota Paris. Dari bentuk goresan dan paduan warna yang terpapar unik dari lukisan ini, jelas bahwa sang maestro kelahiran Malaga, Spanyol, bernama lengkap Pablo Diego José Santiago Francisco de Paula Juan Nepomuceno Crispín Crispiniano de los Remedios Cipriano de la Santísima Trinidad Ruiz Blasco y Picasso López atau Pablo Picasso-lah sang empunya. Lukisan yang dibuat pada tahun 1905 itu, kini berharga US$124,3 juta.

7.     Nude, Green Leaves and Bust
    Pablo, Pablo, Pablo Picasso. Nama ini memang menjadi jaminan mutu bagi lukisan berselera seni tinggi. Ide lukisannya sebenarnya biasa saja, yaitu mengabadikan sosok seorang nyonya asal Perancis bernama Marie-Therese Walter. Namun, karakternya yang melankolis, egois, dan mencintai kebebasan itulah yang kemudian membuat sosok sang nyonya tampak begitu artistik. Kini lukisan ini telah menjadi koleksi pribadi dari seorang kolektor asal Sydney, Australia, bernama Frances Brody yang rela merogoh koceknya hingga US$110,2 juta.

8.     Portrait of Joseph Roulin
    Seperti halnya Picasso, lukisan perupa asal  Negeri Tulip, Belanda, juga kerap menjadi incaran  para kolektor ternama dunia. Pelukis kelahiran Zundert, 30 Maret 1890 ini terkenal mampu menciptakan lukisan yang menggambarkan olah batin dan ekspresi rasa yang tidak hanya berkutat pada objek-objek semata. Salah satunya adalah Portrait of Joseph Roulin yang dibuatnya pada tahun 1889. Lukisan yang kini disimpan di Museum of Modern Art, New York, Amerika Serikat, ini nilainya ditaksir mencapai US$107 juta.

9.     Dora Maar au Chat
    Mungkin inilah lukisan yang mampu menggambarkan ekspresi dan kesukacitaan seorang Pablo Picasso. Pada awal dekade 1940-an ia diketahui jatuh cinta kepada seorang wanita berparas cantik yang bernama Dora Maar. Untuk mengabadikan kekagumannya kepada wanita itu, ia pun menuangkannya dalam kanvas, dan diberi tajuk yang sama seperti sang kekasih hati, Dora Maar. Lukisan ini kemudian menjelma sebagai lukisan mahal dengan harga US$106,1 juta.

10.     Iries
    Iries adalah judul lukisan yang diberikan Vincent van Gogh untuk mengabadikan hari-hari terakhirnya di Saint Remy de Provence, Perancis, pada tahun 1889. Menjelang ajalnya, sang seniman  didiagnosis menderita epilepsi yang cukup parah. Diagnosis ini dibuat oleh dua orang dokter berbeda yang merawatnya. Van Gogh juga pernah memotong telinganya sendiri. Ia merasa dirinya menjadi gila dan akhirnya menghabiskan sisa hidup dan tetap melukis di RS Jiwa Saint Paul-de-Mausole di Saint-Rémy-de-Provence, Perancis.###

Tidak ada komentar:

Posting Komentar