Sabtu, 24 Januari 2015

9 Sikap yang Harus Dijaga Saat Latihan di Tempat Fitnes

 
                                   Dengan membayar biaya keanggotaan di tempat kebugaran, bukan berarti kita bisa melakukan hal sesuka hati.
Disamping peraturan yang dibuat oleh pengelola, masih ada aturan tidak tertulis yang harus dipatuhi.
Ini dia etika saat berolahraga di gym.
1. Pakai Baju Khusus Olahraga
Saat memasuki arena gym, kenakanlah pakaian khusus olahraga. Berbusana casual atau kantor, akan membuat Anda terlihat asing dan membuat pengunjung lain keheranan. Jika memang harus berolahraga setelah hang out bersama teman atau usai jam pulang kantor, pergilah ke toilet dulu dan ganti pakaian Anda. Selalu kenakan sepatu untuk olahraga. Bukan flats, sandal atau bertelanjang kaki.
2. Berbagi Alat
Membayar mahal untuk sebuah member tempat kebugaran bukan berarti Anda bisa ‘memiliki’ alat-alat yang digunakan. Ada beberapa orang, khususnya pemula yang sering menggunakan sebuah alat terlalu lama. Hindari hal tersebut jika Anda tidak ingin mendapat pandangan sinis dari orang lain. Apalagi jika Anda tidak mau berbagi dengan member lainnya.
3. Jangan Tinggalkan Barang Pribadi di Sembarang Tempat
Setelah selesai, jangan meninggalkan handuk atau minuman di dekat layar meteran karena akan membuat pengunjung lain berpikir alat itu masih digunakan. Membiarkan orang menunggu lama untuk bergantian olahraga, tentunya bukan etiket yang baik di tempat fitnes.
4. Gunakan Peralatan Fitnes dengan Semestinya
Ketika sedang angkat beban, usahakan jangan menghantamkannya ke lantai dengan alasan apapun. Pengunjung fitnes yang lain akan merasa terganggu dengan suara berisik dari alat yang Anda jatuhkan. Jika kira-kira tidak kuat lagi mengangkatnya, minta instruktur untuk membantu Anda.
5. Kembalikan Alat Fitnes di Tempat Semula
Jangan pernah meninggalkan dumbbell tergeletak di lantai setelah Anda selesai menggunakannya. Seseorang bisa saja tersandung alat tersebut. Taruhlah alat-alat fitnes di tempatnya semula. Jika Anda menggunakan treadmill atau sepeda statis, matikan parameter di layar setelah menggunakannya.
6. Hindari Mengobrol Terlalu Banyak
Orang yang datang ke gym pastinya ingin berolahraga, bukan mengobrol panjang lebar. Boleh saja menyapa atau sedikit berbasa-basi dengan sesama pengunjung. Tapi jangan terlalu lama. Selain jangan banyak mengobrol, hindari juga memandangi orang atau menyanyi keras-keras dengan iPod Anda.
7. Pakai Deodoran
Saat berolahraga, kita pasti akan berkeringat dan biasanya menimbulkan aroma kurang sedap. Untuk itu, memakai deodoran sebelum berolahraga perlu dilakukan agar orang tidak terganggu dengan aroma tubuh kita. Bayangkan bila Anda berada di dekat seseorang yang bau badan, pasti rasanya juga tidak nyaman.
8. Rencanakan Program Olahraga Sendiri Jangan datang ke tempat gym dan memilih peralatan olahraga secara acak. Rencanakan dulu apa yang akan Anda lakukan di tempat gym nanti. Ketahui olahraga jenis apa yang sedang Anda butuhkan, lalu minta instruktur fitnes untuk membantu.
9. Simpan Tas di Dalam Loker 
Loker ada untuk digunakan. Jadi, pergunakanlah fasilitas loker untuk menyimpan tas gym Anda. Jangan membawa-bawa tas ke area gym. Selain akan membuat Anda kerepotan beraktivitas, juga bisa mengganggu orang lain. Risiko kehilangan barang berharga juga lebih besar jika Anda tidak menyimpannya dalam loker. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar