Rabu, 02 Januari 2013

alat untuk melukis paling bagus menurut M.r rizki rahmadin

1. KERTAS GAMBAR
Kertas yang baik untuk menggambar khususnya untuk ilustrasi adalah kertas Padalarang dan kertas Aquareel. Kertas tersebut mudah menghisap air dengan baik.
2. PENSIL
Menurut tingkatannya pensil dapat digolongkan menjadi :
a. Pensil lunak yaitu pensil yang biasa menggunakan kode dengan huruf “B” ( 2B sampai 8B ), semakin tinggi angkanya semakin lunak. Pensil ini biasa digunakan untuk mengeblok tingkat gelap dalam obyek.
b. Pensil Sedang yaitu pensil yang biasa diberi kode dengan huruf “ HB” artinya perpaduan antara keras dan lunak. Pensil ini biasa digunakan untuk membuat sket. Sket adalah gambar global atau rancangan yang masih ada proses lebih lanjut. Sketza adalah gambar global atau rancangan yang sudah dianggap jadi.
c. Pensil Keras adalah pensil yang biasa diberi kode dengan huruf “H” (2H sampai 4H), semakin tinggi angkanya semakin menunjukkan keras. Pensil ini biasa digunakan untuk gambar teknik.
d. Pensil konte yaitu pensil sebagai pengganti pensil “B” – Konte soft yaitu konte jenis lunak. – Konte medium yaitu konte jenis sedang. – Konte hard yaitu konte jenis keras.
3. CAT AIR
Teknik penggunaan cat air yang benar adalah teknik transparan atau lebih dikenal dengan istilah aquareel. Dalam teknik ini tidak mengenal warna putih.
4.CAT PLAKAT/ CAT POSTER.
Penggunaan cat ini lebih kental dibandingkan dengan cat air sehingga permukaan kertas tertutup sama sekali.
5. EKOLIN
Adalah semacam zat pewarna dalam bentuk tinta yang sudah siap untuk dipakai. Tinta ini mempunyai keistimewaan warna yang sangat cemerlang dan akan lebih baik bila digunakan pada kertas yang permukaannya rata.
6. TINTA HITAM GAMBAR
Tinta ini sering disebut pula dengan tinta HINDIA (Ost Indiche Inkt). Karena mengandung zat asam yang kuat maka tinta sangat mudah merusak kuas. Menurut jenisnya tinta ini dibagi menjadi 2 yaitu :
a. Tinta China yaitu tinta yang sangat halus dan tidak mudah luntur yang sekarang berkembang menjadi tinta rotring dan standler.
b. Tinta Bak yaitu tinta yang sangat kasar dan mudah luntur.
7. KUAS
Untuk kepentingan menggambar ada berbagai macam bentuk kuas dan ukuran. Kuas untuk cat air lain dengan kuas untuk cat minyak. Kuas untuk cat air yang baik adalah kuas yang ujung bulunya meruncing , sedangkan kuas untuk cat minyak bulunya agak kaku.
8. PENA
Untuk kepentingan menggambar, pena terbagai menjadi :
1. Pena Hindu yaitu pena yang mempunyai goresan garis sangat jelas, pena ini sering digunakan untuk membuat rendering meskipun pada jaman dulu digunakan untuk menulis.
2. Pena Redis yaitu pena yang mempunyai goresan garis sangat tebal merata dan tetap. Pena ini biasa digunakan untuk mengeblok.
3. Pena Rondschrift yaitu pena yang mempunyai goresan garis dua macam sekaligus. Pena ini sangat baik digunakan untuk menulis indah atau kaligrafi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar